Tag

, , , , , , , ,

Berikut profile pemateri:
Bp Ridha
Pengawas syariah di bmt
Sekjen pinbuk pusat
Trainer keuangan syariah terakreditasi BNSP
Dosen perbankan syariah uik  .

Assalamu’alaikum wrwb
Sahabat semua senang berbagi ilmu disini, sy selalu baca postingan disini, sy kira sahabat2 luar biasa dlm bisnis dan pastinya sangat paham dgn hutang piutang
Sy diminta tuk kajian hutang piutang
UTANG-PIUTANG  mrupakan akad sosial, Islam membolehkan utang-piutang dgn bebrapa hal
1. orang yang ingin berutang benar-benar karena terpaksa. Sebab menurut Rasulullah, utang merupakan penyebab kesedihan di malam hari dan kehinaan di siang hari. Rosulullah pernah menolak menshalatkan jenazah seseorang yang diketahui masih meninggalkan utang dan tidak meninggalkan harta untuk membayarnya.
Rasulullah bersabda, “Akan diampuni orang yang mati syahid semua dosanya, kecuali utangnya.”(Riwayat Muslim).

2. berutang hrs punya niat kuat untuk membayar artinya sdh punya sumber pengembalian yg terukur mnrt ukuran kita, hl sprti ini akan ditolong oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi saw bersabda: “Barangsiapa yang mengambil harta orang lain (berutang) dengan tujuan untuk membayarnya (mengembalikannya),
Maka Allah subhanahuwata’aala akan tunaikan untuknya. Dan barangsiapa mengambilnya untuk menghabiskannya (tidak melunasinya), maka Allah akan membinasakannya.” (Riwayat Bukhari)

3. Sekecil apapun hutang harus ditulis dan pemberi utang tidak boleh mengambil keuntungan atau manfaat dari orang yang berutang. Hal ini karena tujuan dari pemberi pinjaman adalah mengasihi si peminjam dan menolongnya, bukan mencari kompensasi
4. jika sudah mempunyai uang cepat lunasi dan memberikan hadiah kepada yang memberi pinjaman. Rasulullah bersabda, “Menunda (pembayaran) bagi orang yang mampu merupakan suatu kezaliman.” (Riwayat Bukhari).

Dianjurkan bg yg berhutang memberi hadiah. Nabi bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam pengembalian, memberi lebih
Tapi…ingat seperti yg diatas yg memberi hutang jangan minta lebih yah….
Bagaimana hutang untuk bisnis?
Hutang tuk bisnis itu baik karena menjadi produktif, dalam bisnis akad yg tepat sebaiknya bekerjasama (syirkah) krna masing2 bisa saling menguatkan
Wallahu’alam
Sy itu dulu silahkan klo ada komentar tuk diskusi,
Pertanyaan 1:
Kalo misal kita langganan tlp rumah, trus kemudian kita pingin stop langganan denga cara tidak membayar selama 3 bulan kan otomatis akan di non aktifkan tlp rmh kita oleh telkom.
Apakah yg 3 bln tdk dibayar kan td termasuk hutang ke telkom atau tdk.? Kalo temasuk hutang….bagaimana cara membayarnya..?karena setelah lama sekitar 1 tahun….pas ngecek ke atm utk no tlp rmh tsb apakah masih ada tagihan atau tdk, ternyata sdh tdk muncul no tlp tsb di layar atm..

jawaban no 1: Hutang tetap harus dibayar, dinyatakan lunas bukan oleh mesin tetapi hrs dengn bagian pencatatan
Jika ternyata bebas bersyukurlah, dan jika ada rezeki sedekahkanlah

Pertanyaan 2: Ikut nanya ya mba,Baru saja kejadian sama saya…saya butuh tambahan modal dan akhirnya ada kenalan beri suntikan dana dengan cara barter barang yg sy punya dgn modal dari dia….karena sy kepepet sy ok saat itu…tapi kalo diuangkan barang sy lebih mahal…karena kenal dekat saya coba becandain kalo modal yg dia pinjamkan kurang…tambahin bisa ga..gitu..
Bisakah situasi itu sy klaim sbg dia berhutang ke saya…lumayan bedanya 😞

Pertanyaan  3 : Selama ini sy belum pernah berhutang, tp ketika sy disarankan untuk berhutang dalam pngembangan… hati malah jd khawatir walaupun klo brhutang pasti niat melunasi,,ada kekhawatiran takut tdk trlunasi juga,,bgmn menanganinya?

Jawaban 2: Akad diawal hrs jelas, barter atau hutang
Barter harus setara,
Hutang jg demikian sehingga klo tdk jelas lalu masing2 mengklaim dan terjadi penambahan nilai jadi riba
Pertanyaan 4: Kalo ada temen yang nawarin dana talang untuk orderan kita, tp dia minta sharing profit dari keuntungan kita sebesar 20 bpersen. Apa itu halal?Makasih

Jawaban 3 : Jika ragu jangan dilakukan, yakin dalam bekerja sesuai aturan syariah, ins Allah berkah, klo ada niat kuat melunasi jgn khawatir Allah Maha Kaya

Jawaban 4: Ins Allah halah, asal 20% dari profit~halah~ halal. Itu artinya saling menguntungkan

Pertanyaan5 : Hutang piutang kan tidak harus selalu berbentuk uang ya pa? Sy pernah dijanjikan mendapat hadiah berupa design logo u produk saya karena sy dinyatakan sebagai peserta teraktif dalam event yang saya ikuti…itu pernyataan saya mendapat hadiah tersebut di umumkan loh…namun sepekan..dua pekan..ga ada kabar…pas pekan ketiga ada yg ngontak…mau eksekusi hadiah sy. Tapi berubah jadi hadiah yg berbayar….ini sy dihutangin model apa ya pa 😅…maaf jika g berkaitan dgn tema
Pertanyaan6. Pertanyaan…. sy ingin pinjam modal kpd seseorang … orang tsb.. meminta setoran tiap bulan nya, tidak mau bagi hasil… bagaim hukum nya ? Dan modal tsb harus utuh apabila si peminjam modal bangkrut

Pertanyaan 7: Saya ada tagihan ke toko dg Giro satu bulan, kemudian karen saya kepepet dana, giro tersebut saya tukar dengan potongan 5% dr total yang tertera d giro, bagaimana hukumnya?

Jawaban 5: Hutang tdk selalu dlm bentuk uang, yg panitia janjikan itu hutang panitia, ibu/bpk berhak menagih karena Rosul menganjurkan demikian, tapi klo kita mengikhlaskan itu pahala besar bagi kita

Pertanyaan 8: Apakah bila kita berhutang juga harus diniatkan karena Allah dan apa hukumnya bila org yg berhutang itu bebas tanpa membayar hutang krn dianggap pailit?

Pertanyaan 9: Yg riba itu yang bagaimana? Bedanya sm kasus dana talang itu apa?

Jawaban 6 : Hutang memang tanpa bagi hasil, itu sdh benar, kalo cara membayar itu teknis dan jika dicicil itu kemurahan yg memberi hutang, hukumnya boleh, hutang tdk merubah kewajiban yg berhutang bila terjadi bangkrut,Tetap harus dibayar, maka sebaiknya ada cadangan lain yg disiapkan tuk membayar sebagai antisipasi, wallahu’alam

Pertanyaan 10: Jika ada hutang dari alm/h kerabat kita berupa hutang budi ke si fulan…namun si fulan juga sudah wafat…apakh ditunaikan ke pewarisnya…?

Jawaban 7: Artinya melakukan pengalihan hutang, pengalihan hutang hrs sepengetahuan 3 pihak, tetapi jika memberi penguasaan dan kasih potongan, asalkan potongan tersebut diperoleh karena biaya operasianal penagihan

Jawaban 8: sungguh baik dan pahala besar bagi yg membebaskan hutang ketika saudaranya pailit lihat surat albaqoroh : 280

jawaban 9: Riba itu orang pinjam diminta lebih.Maka klo talangan seharusnya bentuk pinjaman tanpa lebih, klo mau ada lebih maka hrs memisahkan akad, artinya setiap pendapatan grs ada kerja yg dilakukan bukan dgn punjaman, wallahualam

Pertanyaan 11: Mba masih bingung…kalau pengembalian dgn penambahan profit 20% yg dipertanyaan halal…kalo pengembalian hutang lebih banyak 20% itu haram? Gitu bukan ya?

Pertanyaan 12: Bisa sekilas garis besar ttg riba ga pa?

Jawaban10. Hutang budi contohnya bagaimana yah?
Yg jelas hutangpun diwariskan

Jawaban 11: bukan begitu… jadi kalo meminjamkan hutang lalu minta lebih dari pokok berapa persenpun itu haram, tapi kalo berbagi dari pendapatan itu halal, nah… untuk membagi pendapatan diawal harus disepakati dulu nisbahnya (bagiannya) misal 20 : 80
Pertanyaan 13: Saya punya kebun…misalkan begini sepertiga hasil kebun saya dibayar lunas,2/3nya dihutang dulu…bayarnya setelah penjualan dari sepertiga yg dibeli seperti. Namun karena banyak persaingan harga jual dari pihak yg beli hasil kebun sy menurun…pas pelunasan dia minta diskon…sy kalah kr tidak ada hitam diatas putih…itu kategori penipuan/biasa aja/hutang yg dipaksa diputihkan?

Jawaban 12: Riba itu ziyadah tambahan, pinjam uang minta kelebihan itu riba, tuk riba saya tunda dulu lumayan nulisnya he… , jawab yg 13 dulu,

Jawaban 13: Kasusnya blm nangkap nih maaf, apakah kebun itu beli belum lunas lalu di bayar oleh hasil panen?*hasil kebunnya…kalo hasilnya seperti itu, transaksi tidak jelas, syarat transaksi dalam hutang piutang harus dicatat ada saksi, menurut imam majgab jika transaksi tidak jelas mana yg dipilih tiba2 diakhir waktu saling mengklaim disitu ada riba, jika ibu/ bpk mengalah pd kontek diatas semoga Allah membalas dgn yg lebih banyak

Pertanyaan14: Bagaimana dengan orang yang berhutang ke kita, sudah ditagih, kayak ngelupain aja. Sampai saya pindah kota, belum lunas juga. Udah 2 tahun, apa harus diikhlaskan saja. Terus terang saya nggak ikhlas, ngeliat dia happy di status FB nya..Maaff 🙏🏻

Jawaban 14:  Hak pemberi hutang jika tidak ikhlas dan tidak berdosa, segera diingatkan dgn peringatan Allah dan RosulNya
Wallahu’alam
Baik pertanyaan semua terjawab..semoga penanya cukup puas atas jawabannya namun jangan puas untuk makin tahu tentang Hutang Piutang…itu hanya 14 contoh kasus saja
Mohon maaf jika jawabannya tdk teratur dan membingungkan he…, klo penasaran boleh japri, sukses buat semua
Dan semoga diskusi malam ini jd ibadah buat kita semua
Wassalam
[21:59 13/06/2016] AsepTohaArumania: Boleh menambahkan ya tabiat jelek berhutang
[21:59 13/06/2016] Bp Ridha: Boleh atuh kang atoh,…
[22:00 13/06/2016] AsepTohaArumania: Tabiat jelek berhutang:
Urusan di dunia
1. Kecanduan
2. Semakin bertambah
3.tambah beban
4. Tidak tenang.
5. Memiliki keperibadian jelek
6 suka berbohong
7 tidak mau bergaul atau ketemu dengan orang
8.sipat emosional
9. Semakin terpuruk hidupnya

Urusan di akherat
1. Tidak mendapat syafaat dari rasul
2 .tergadai ruhnya ombang ambing
3. Tidak akan masuk surga sekalipun dia mati sahid
4. Dibayar dengaan amal amal solehnya klw ga cukup dosa orang di tumpukin ke yg berhutang.

Iklan