Tag

, , ,

Assalamualaikum..
Salam kenal saya Dewi si Godang KUPI
Kami coffee farmer dari Gayo Lues, Aceh
Kenapa dan mengapa saya memilih KUPI sebagai usaha kami, sebenarnya ceritanya panjang, tapi singkatnya itu semua kecelakaan, kecelakaan yang indah dan membawa berkah ☺☺
Singkat cerita eeaaaaa..

Saat itu tahun 2012, kebetulan suami dipindah tugaskan di kecamatan Pantan Cuaca,
Suami sering membawa kan oleh oleh kopi Pantan Cuaca yang memiliki ciri khas tersendiri dari kopi lainnya walaupun sama sama kopi gayo
Entah kenapa suami suka banget sama kopi ini, memang sich aromanya haruumm sekali, Dewi yang gak pernah minum kopi aja sampai tergila gila sama aromanya,pingin mencicipi tapi takuutt.. Takut sakit perut lah, takut sakit magh lah, takut gak bisa tidur dan seterusnya.
Dan suami meyakinkan saya kalau kopi itu gak akan bikin sakit malah khasiatnya banyak, dan ternyata itu betul Loch,
Asal tau tata cara minum.Kopi itu sendiri, dan kopi Gayo adalah kopi Arabica yang jumlah kafeinnya lebih rendah dibandingkan kopi robusta, kopi Gayo juga memiliki rasa asam yang berasal dari asam buah bukan asam fermentasi jadi gak bakal bikin perut gembung atau maghnya kambuh
[19:54 13/06/20 Alasan Kenapa kami pilih usaha di bidang kopi awalnya simple aja, kami ingin mengenalkan ke masyarakat banyak kalau Gayo Lues juga punya kopi yang berkualitas loch gak kalah sama saudaranya Takengon dan Benr Meriah, Gayo Lues khususnya kec. Pantan Cuaca memiliki ketinggian >1500dpl yang sangat tepat untuk tanaman kopi berkualitas tinggi.
Dan kopi Pantan Cuaca juga memiliki ciri khas tersendiri, dari aromanya yang wangi seperti aroma manis bentuk bijinya yang lebih besar,
Dan tentu saja yang paling utama adalah untuk meningkatkan kehidupan para petani kopi di Gayo Lues terutama agar kami bisa lepas dari jeratan para tengkulak.

Memang sich, kopi ini tidak perlu di kasih pupuk karena memang kopi organik dan perawatan nya juga lebih gampang.
Tapi bukan berarti bisa di nilai sedemikian rendah dong, malah harga yang mereka kasih dibawah harga pasaran di Takengon untuk kopi asalan bisa dibilang bikin petani tercekik habis dech.

Oya, kenapa kami pilih nama Godang KUPI, karena kebetulan dusun tempat kebun kopi kami namanya Godang, jaman dahulu kalau, itu merupakan gudangnya Belanda untuk mengumpulkan kopi dari seluruh dataran gayo.

Persaingan kupi gayo kan luar biasa ketat, gmn kiatnya untuk menghadapi persaingan tsb ?
Dewi gak ngerasa bersaing , karena setiap produsen kopi pasti punya ciri khas tertentu pada produknya
Kebetulan kopi Dewi Single Origin dari Pantan Cuaca, dari kebun sendiri, proses sendiri, dan tentu Dewi juga tau kualitas kopi Dewi, jadi gak ngerasa bersaing dengan siapapun, malah saling bertukar informasi.
Tidak ada yang 100% betul tentang kopi dan tidak ada yang 100% salah, semuanya tergantung proses dan kesukaan masing masing individu, kopi merupakan cerminan pribadi individu.

Setiap kita meneguk secangkir kopi pasti awalnya akan terasa pahit tapi di akhirnya ada rasa manis di lidah itu lah keunikan kopi, sama seperti filosofi hidup ini, tak mungkin kita merasakan manisnya perjuangan sebelum merasakan pahitnya hidup.

Salam buat semua sahabat GEE, yang sudah memberi inspirasi buat Dewi.

Bagi Sahabat GEE yang penasaran sama si Godang KUPI silahkan di hubungi pak Hendy Baiti Jannati, Karen Godang KUPI sudah sampai ke Bogor loch
[21:54 12/06/2016] nurmalia: Ok saya close story ya untuk kedua pemaparan share story, terimakasih untuk ibu Dewi teruskan mencintai Warisan budaya ,yang juga melestarikan kopi Indonesia.

Iklan