Tag

Kuline Inkubator Bisnis
Oleh Ibu Wiwik Puntorini
Kamis 4 Agustus 2016
=====================

Assalamualaikum..

Alhamdulillah kabar baik bu Devi. Terima kasih juga saya ucapkan kepada tim admin yg berkenan memberikan kesempatan kepada saya untuk sharing mengenai Inkubator Bisnis pendampingan bagi usaha kecil menengah. Tak lupa terima kasih untuk teman2 GEE yg berkenan meluangkan waktu dan kesempatan ini.

Baiklah, saya awal dengan mengulas sedikit ttg usaha saya. Saya sebenarnya seorang guru dan suami mantan wartawan kompas dan jawa pos yg mengajukan pensiun dini untuk memulai usaha dibidang minuman yg berbasis buah pala yg cukup melimpah di Kota Bogor. Usaha ini kami rintis sejak tahun 2008 dan stagnan tdk ada perkembang. Di thn 2011 saya berkenalan dg salah satu dosen IPB yg menawarkan kami bergabung di Inkubator Bisnis IPB. Sejak saat itu terjadi perubahan yg cukup signifikan mengenai usaha saya. Baik sisi kualitas produk dan pemasaran. Dengan catatan saat bergabung dg Inkubator IPB tdk ada bantuan prndanaan. Justru link mengenai peningkatan kualitas produk melalui Fateta dan berbagai jejaring dari Inkubator ini yg luaaar biasa dampaknya bagi perkembangan usaha kami. Sehingga di awal 2013 kami mjd tenant inwall dan menempati ruangan di Inkubator IPB.

Dari situlah, kami diusulkan untuk pengajuan bantuan dana hibah ke Ristek. Pertama gagal dan di tahun berikutnya alhamdulillah kita lolos dan mendapatkan bantuan dana hibah melaluli Puspiptek yg msh satu lembaga dg Ristek. Lagi2…kita diangkat mjd Inkubator Puspiptek Ristek di Tangsel. Dan hal yg sama kita disediakan juga tempat untuk workshop.

Dari Inkubator IPB ternyata kita bisa menambah luas jejaring dan malah bisa gabung di Inkubator Puspiptek yg blm lama bergabung sdh difasilitasi berbagai pameran yg berskala nasional yg jujur saja klo tanpa mereka mustahil sy mampu membayar sewa standnya. Krn kita mmg msh berusaha bangkit dan menata permodalan dg tabungan seadaanya.

Setelah bergabung dg Inkubator Puspiptek tanpa diduga saya diundang oleh Balitbang Kementan untuk perencanaan inkubator yg ingin.mereka punya. Dan sebagai pilot project saya diajak gabung sebagai tenant. Tenant disini umtuk mengadopsi ilmu dari para inventor dan kita yg pabrikasinya. Alhamdulillah….berhasil meluncurkan satu produk lagi dg nama CocoVine ato vinegar air kelapa. Sebagai kompensasinya kita hanya menyetor 1% hasil penjualan untuk inventor. Dan produk tersebut sdh dipatenkan oleh inventor yg bersangkutan.

Dalam waktu bersamaan kmren kita bisa pameran di Mall Taman Anggrek dlm rangka Agro Inovasi Fair dan minggu depan di Solo dlm rangka Harteknas yg rencana dibuka oleh presiden.

Yg bisa petik dr perjalanan usaha saya ternyata ada kala kita menginduk dibawah lembaga besar untuk hal positif supaya kita juga bisa bertumbuh menjadi besar.

Mungkin itu sekilas mengenai inkubator bisnis palaboo dan cocovine, maaaf terlalu panjang yaaa🙏🙏🙏

Oh ya pada dasarnya inkubator sendiri adlh lembaga ato perusahan yg mempunyai program yg didesain untuk memajukan percepatan usaha tenant tp jenis programnya bisa bermavam2,,ada yg permodalan,pemasaran dan peningkatan kualitas produk.

Produk pertama yg diinkubasi Pusiptek ditambah dg inovasi sedikit. Sedangkan yg Vocovine murni adopsi teknologi dari Balitbang Pasca Panen Cimanggu.

Dan ternyata di Ristek sendiri dana hibah itu nilainya sangat fantastis untuk membantu para tenant yg tergabung dlm inkubator. Dana yg sesuai pagu sy buka saja 250jt per tenant tp yg bisa diserap kira2 70% krn pertggjwaban yg kadang sulit.

Selama ini selain memberikan bantuan pendana kita wajib melaporkan pertggjwbn secara berkala dan mereka tetap memberikan pendampingan. Dan memang sepantasnya seperti itu.

Dan inkubasi ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas produk krn dihubungkan dg lembaga terkait.

Inkubator IPB tdk ada bantuan pendanaan sesekali dan mmg sepengetahuan saya tdk ada lembaga syariah yg memberikan bantuan di Inkubator IPB. Klo dihubungkan dg lembaga terkait pernah tp tdk ada follow up…tetap ujung2 nya riba.

Yg pendanaan kita dapat yg bantuan hi

bah dari Ristek melalui Program Inkubasi di Puspiptek.

Program hibah ini tiap tahun ada bisa ditanyakan melalui inkubator universitas terkait.

Tentunya setelah diinkubasi kita diharapkan bisa mandiri dg berbagai bekal yg didapat. Dan biasanya program inkubasi paling lama 2 tahun.

Klo dana yg saya dapat pertanggungjwban sesuai penggunaan saja dg syarat ada fisik dan bukti dr perusahan yg berfaktur pajak

Seperti sdh cukup ya . Sy mohon maaf jika ada salah kata dan ada yg kurang berkenan. Terima kasih.🙏🙏🙏

Baik…closing. Menurut saya banyak pelaku UKM yg belum tahu mengenai berbagai bantuan pendanaan dan memang sosialisasi kemasyarakat terkait Inkubator Bisnis. Jadi kita jangan sungkan untuk mencari tahu mengenai hal terkait untuk perkembangan usaha kita. Terlebih selain bantuan pendanaan/hibah kita bisa mengadopsi berbagai teknologi yg mereka punya.

InshaaAllah cukup yaPak Bu🙏😅😊…ini berdasarkan pengalaman pribadi saja. Jd mohon jika ada yg kurang berkenan.

==========END========

Profile Pemateri
Nama: Wiwik Puntorini

Aktivitas: Mengajar

Tinggal: Bogor Barat

Produk: Minuman Pala” PalaBoo” dan CocoVine

Tempat produksi: Inkubator Bisnis IPB

Workshop: Inkubator Puspiptek Ristek Tangsel dan Pasca Panen Cimanggu.

Iklan